Selasa, 26 Maret 2013

Perkembangan Web 2.0



Media sosial merupakan media yang sangat banyak diminati dan digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Media sosial sangat bermanfaat dan membantu hubungan komunikasi antar sesama dan dapat dengan meudah berkomunikasi dengan semua orang tanpa mengenal jarak. Media ini merupakan media online yang menghubungkan jaringan sosial ke seluruh dunia sehingga dapat berkomunikasi tanpa mengenal jarak. Pengguna media sosial ini pada umumnya menggunakan media aplikasi seperti Facebook, Twitter, Blog, Skype, dan lain sebagainya. Fenomenal media sosial ini sudah ada sejak lama. Hingga kini, media sosial tersebut terus berkembang, terus berinovasi, semakin dikenal dan banyak digunakan oleh banyak orang. Perkembangan media sosial dan bertambah pesatnya pengguna media sosial ini tak lepas dari teknologi komunikasi yang terus berkembang dan canggih. Seperti halnya handphone-handphone yang dapat mengakses media sosial, iPad, iPhone, dan lain sebagainya. Semua ini mendukung dan merupakan salah satu faktor perkembangan media sosial serta semakin bertambahnya para pengguna media sosial ini. Tak lepas dari itu semua, banyak dari mereka dapat kecanduan akan penggunaan media sosial.
World Wide Web merupakan jaringan-jaringan ada ada pada beribu-ribu kompter ada dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu “server” sebagai pusatnya dan lalu “client” sebagai pengguna dan penerima. Seperti yang kita ketahui, kini hadir web 2.0. Meski sudah cukup lama web 2.0 ini muncul,  kita tidak bisa mengatakan ini hal yang sudah tidak baru lagi. Web 2.0 ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan www. Web 2.0 merupakan klasifikasi dari wajah world wide web. Pengertian secara sederhananya, web 2.0 adalah klasifikasi yang kemdian akan menjadi lebih dari klasifikasi yang bertujuan agar semua orang yang terhubung dalam web ini mampu menyediakan dan mendistribusikan konten-konten yang terdiri dari teks, grafis, dan lain lain pada web. Web 2.0 ini mempermudah semua pengguna dapat membuat wajab web dan mendistribusikan konten-konten yang ada pada web sehingga mereka tidak perlu memiliki pengetahuin mengenai program-program aplikasi. Contoh-contoh aplikasinya antara lain: Video Sharing (YouTube), Social Networking (Facebook, Twitter, dan lain lain), Photo Sharing (Flickr), dan lain sebagainya.

Berikut ini merupakan karakteristik yang ada pada Web 2.0, antara lain:

  1. Network is PlatformWeb 2.0 merupakan platform yang berguna untuk para pengguna dalam dunia pekerjaan. Para pengguna dapat menggunakan web sebagai media pekerjaan, tempat bekerja, dan lain sebagainya di mana pun kita berada tanpa keterbatasan tempat.
  2. Harnessing Collective Intelligence, dalam karakteristik ini, pengguna memiliki seuatu kepercayaan dalam saling berpartisipasi dan berkolaborasi dengan pengetahuan. Seperti Wikipedia yang memberikan kercayaan untuk sharing pengetahuan-pengetahuan.
  3. Data is The Next Intel Inside, pemilik web akan memberikan garansi kepada para pengunjung web-nya. Maksudnya ialah data tersebut akan menjadi trademark sebuah aplikasi sehingga pemilik web memberi kepercayaan kepada para pengunjung web-nya.
  4. End of The Software Release Cyclebisa dikatakan bahwa web 2.0 ini merupakan peluncuran aplikasi terakhir yang ada. Para produsen software pun tidak perlu lagi meluncurkan aplikasinya dalam bentuk fisik. Mereka hanya perlu membuka web dan dapat mengaksesnya. Hasilnya, mereka dapat menjalankan aplikasi yang diinginkan.
  5. RSS & XML, klasifikasi ini merupakan pendukung yang sederhana pada web 2.0. Adanya RSS dapat mempermudah pengguna untuk mengakses informasi-informasi yang ada pada Web 2.0.
  6. Rich User Experience, adanya kemajuan yang ada pada sisi interface dan dari sisi pengguna (user). Salah satu contohnya dengan dukungan AJAX yang menggabungkan HTML, CSS< Javascript, dan XML pada Blog.
  7. Software is not Limited to a Specific Device, dalam klasifikasi ini software tidak lagi terbatas pada suatu perangkat tertentu. Semua perangkat yang ada dapat mengaksesnya. Sebagai contoh singkatnya, komputer tidak lagi sebagai satu-satunya alat yang dapat mengakses internet.





Web 2.0 memiliki banyak manfaatnya bagi masyarakat dunia serta bagi bisnis. Dengan adanya Web 2.0 kita dapat menggunakan web secara mandiri, dengan kata lain masyarakat pengguna dapat mendesign serta mendistribusikan konten-konten pada web tanpa perlu menguasai teknik program-program. Aplikasi-aplikasi yang dibuat dengan adanya web 2.0 sangat bermanfaat dan membantu, seperti halnya Social Networking. Social Networking ini merupakan salah satu aplikasi web 2.0 yang paling banyak digunakan diseluruh dunia. Tidak sedikit dari mereka kecanduan akan social networking ini. Hal tersebut merupakan dapat yang negatif jika menjadi berlebihan dan ketergantungan akan social media. Didukung lagi dengan alat-alat teknologi canggih yang telah berkembang, sehingga dapat mengakses internet dan social media di mana saja dan kapan saja. Sebagai contoh lain yaitu Wikipedia. Aplikasi Web 2.0 ini merupakan aplikasi yang banyak digunakan dan sangat bermanfaat untuk mencari informasi-informasi dan ilmu-ilmu yang kita butuhkan. Banyak informasi yang dapat kita cari dan kita gali di Wikipedia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar