Selasa, 26 Februari 2013

Perkembangan Teknologi Komunikasi


Komunikasi, suatu kata yang tidak asing lagi bagi kita. Manusia tentu tidak lepas dari kegiatan berkomunikasi. Komunikasi sangat penting dalam kegiatan sehari-hari. Sebagai makhluk sosial, manusia perlu berkomunikasi serta berinteraksi satu dengan lainnya untuk menjalankan aktifitas dan kegiatannya serta memenuhi kebutuhannya. Seiring perkembangan jaman, teknologi telekomunikasi terus berkembang begitu cepat, terutama pada abad ke 21 ini. Berbagai macam alat telekomunikasi yang canggih bermunculan dan berkembang pesat. Hal ini mempermudah setiap kita berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Telekomunikasi sendiri dapat didefinisikan sebagai suatu teknik penyampaian informasi komunikasi yang disampaikan dari suatu tempat ke tempat lain.
Telekomunikasi mulai berkembang sejak pertama kali ditemukannya suatu alat yang tidak asing lagi bagi kita, yaitu telepon. Telepon pertama kali ditemukan pada tahun 1876 oleh seorang ilmuwan dari Skotlandia yang bernama Alexander Graham Bell. Pria kelahiran 3 Maret 1847 ini berhasil memulai perkembangan telekomunikasi. Sejak saat itulah teknologi telekomunikasi mulai berkembang meski belum begitu pesat. Dalam kurun waktu yang panjang komunikasi terus berkembang dari ditemukannya mesin cetak, radio, televisi, komputer, hingga saat ini yaitu gadget-gadget yang canggih seperti iPad, iPhone, dan sebagainya. Teknologi komunikasi yang berkembang dari masa lalu hingga masa kini berkembang dan semakin canggih. Hal ini semakin mempermudah setiap kita untuk berkomunikasi menggunakan teknologi-teknologi komunikasi yang ada.
Telekomunikasi memiliki konsep-konsep yang sangat baik. Teknologi telekomunikasi yang terus berkembang dan semakin canggih memiliki konsep yang baik untuk digunakan. Penemuan-penemuan serta inovasi yang baik sangat membantu setiap kita dalam berkomunikasi. Peran telekomunikasi pun menjadi sangat penting dalam kegiatan berkomunikasi. Manusia membutuhkan alat-alat teknologi komunikasi yang mendukung seiring berjalannya waktu dan seiring berkembangnya teknologi-teknologi komunikasi. Secara tidak langsung, timbul suatu dampak yang diakibatkan oleh teknologi-teknologi telekomuniasi yang terus berkembang. Dampaknya ialah ketergantungan terhadap alat teknologi komunikasi. Peranannya sangat penting bagi setiap kita sehingga menimbulkan ketergantungan akan teknologi komunikasi. Seperti halnya seseorang yang tidak lepas dari smartphone, mungkin ia akan kembali pulang ketika saat di pertengahan jalan ia lupa membawa smartphone tersebut. Rasa ketergantungan akan teknologi komunikasi ini muncul karena canggihnya teknologi yang ada sehingga mempermudah kita dalam berkomunikasi, sehingga ketika kita tidak memegang alat telekomunikasi tersebut kita merasa risih dan kesulitan dalam berkomunikasi dengan yang lainnya. Beberapa contoh teknologi telekomunikasi yang terus berkembang di Indonesia ialah blackberry, iPhone, iPad, dan lain sebagainya.
Unsur-unsur telekomunikasi:
1.      Telepon
Telepon merupakan suatu alat telekomunikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dalam bentuk audio dari suatu tempat ke tempat lainnya.
2.      Telepon Seluler
Telepon seluler merupakan alat telekomunikasi lebih canggih lagi. Alat ini sudah berkembang dan dapat dibawa kemana saja. Kegunaannya tidak jauh berbeda dengan telepon biasa, telepon seluler berfungsi untuk berkomunikasi secara audio. Namun telepon seluler memiliki kelebihan lainnya, yaitu dapat berkomunikasi secara visual melalui SMS (Short Message Service).
3.      Satelit
Satelit merupakan suatu alat yang menunjang dan mendukung teknologi komunikasi. Tanpa satelit, kegunaan telepon dan telepon seluler menjadi tidak berarti. Satelit menerima dan mengirimkan signal-signal yang di terima oleh telepon dan telepon seluler yang kemudian diproses sehingga dapat melakukan komunikasi. Satelit buatan yang diluncurkan oleh Indonesia sangat bermanfaat sehingga kita dapat dengan mudah berkomunikasi. Namun, proses penerimaan signal data-data ke satelit hingga kembali lagi ke bumi memerlukan delay, maka tidak efisien jika kita mengakses internet menggunakan satelit. Oleh karena itu diciptakannya modem dan alat-alat teknologi lainnya untuk mengakses internet.

            Palapa Ring yang dipasang oleh Indonesia sangat berperan penting dalam kegiatan komunikasi serta pemanfaatan teknologi telekomunikasi. Satelit Palapa Ring ini membantu kita melakukan kegiatan komunikasi dengan teknologi komunikasi, namun satelit Palapa ring ini masih belum terjangkau di beberapa daerah di Indonesia. Hal ini menghambat masyarakat di beberapa wiliayah di Indonesia untuk melakukan kegiatan komunikasi dalam menggunakan alat teknologi telekomunikasi. Satelit Palapa Ring ini merupakan suatu proyek telekomunikasi infrastruktur yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk mempermudah dan membantu kita dalam menggunakan alat teknologi komunikasi yang ada. Satelit Palapa Ring ini menggunakan konsep ring yang akan dipasang di beberapa wilayah di Indonesia. Jaringan satelit Palapa Ring ini berkapasitas 100 GB (upgradeable 160GB). Jaringan ini menggunakan dua pair (empat core).
            Perkembangan teknologi komunikasi yang terus berkembang ini perlu kita dukung dengan baik, kita manfaatkan dengan sebaik mungkin. Namun, janganlah kita menyalahgunakan teknologi komunikasi yang ada. Teknologi yang terus maju dan berkembang ini akan terus berkembang seiring perkembangan jaman dan akan menjadi kebutuhan kita nantinya. Para penemu akan terus berkarya dan membuat alat tekbologi komunikasi yang semakin canggih dan sangat membantu kita dalam berkomunikasi.


Jordie Yonatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar