Rabu, 27 Februari 2013

5 Isu Penting Perkembangan Ilmu Komunikasi



1.      Kapan komunikasi menjadi ilmu ?
Studi sosial ilmiah mengenai komunikasi manusia bermula pada akhir 1930-andi Amerika Serikat (Delia, 1987). Wilbur Schramm (1983) menyebut 4 ilmuwan perintis riset komunikasi, yakni pakar ilmu politik  Harold D Lasswell sosiolog Paul Lazarsfeld dan Elihu Katz, serta psikolog Kurt Lewin dan Carl I Hovland. Komunikasi menjadi disiplin akademis pada akhir tahun 1940-an, ditandai pembentukan Institut of Communication Research di University Illnois tahun 1947.

2.      Komunikasi divonis mati
Ternyata vonis mati ilmu komunikasi itu salah alamat. Ilmu komunikasi yang tadinya dianggap ilmu yang tidak akan berkembang, hanya sekedar komunikasi saja, ternyata mengalami perkembangan yang pesat. Ilmu komunikasi mampu melakukan konsolidasi, perluasan bidang kajian, peragaman metode dan tema penelitian, standarisasi communication tools, adaptasi pada perkembangan teknologi, konvergensi tradisi keilmuan, serta menghasilkan teori-teori dalam tradisi akademis komunikasi sendiri.

3.      Kemandirian sebuah disiplin
Pada tahun 1970an, ilmu komunikasi disubdisiplinkan. Ilmu komunikasi mulai berdiri mandiri, sudah berdiri seperti ilmu psikologi, filsafat, dll. Pada mulanya komunikasi dibagi 2 bidang, yaitu public speaking dan jurnalistik. Pada akhirnya ilmu komunikasi semakin berkembang hingga saat ini.

4.      Perkembangan ilmu komunikasi terkini : communibiology
Pada masa-masa kini, sedang populer bidang ilmu komunikasi baru yang memperlajari tentang komunikasi secara biologis, yaitu communibiology. Communibiology adalah bidang baru dalam ilmu komunikasi yang akhir-akhir ini sedang populer dan menjanjikan. Bidang ini akan mampu memberikan terobosan dalam memahami perilaku komunikasi berdasarkan aspek genetic, cara kerja alamiah otak dan pembentukan kepribadian komunikasi manusia.

5.      Prospek kerja bidang komunikasi... Seperti apa ?
Prospek kerja meluas tetapi saingan bertambah
Peluang kerja yang lama tetap ada , contohnya adalah media planner dan account executive.  Sementara saingan akan terus bertambah, oleh karena itu supaya nantinya kita dapat mendapat peluang kerja yang baik pula, kita harus menjadi lulusan sarjana komunikasi yang berkualitas agar dapat merebut peluang-peluang kerja yang sudah ada tersebut. Jika kita sebagai lulusan sarjana komunikasi tidak berkualitas, peluang-peluang kerja yang ada sulit untuk kita dapatkan.
Pasar kerja lulus komunikasi terus tumbuh
Kebutuhan terhadap tenaga kerja bidang sosial media untuk komunikasi korporat, kampanye politik dan pemerintahan meningkat hingga 36 %. Di Indonesia kebutuhann terhadap tenaga kerja komunikasi untuk industri media dan periklanan meningkat tajam dengan pola rekrutmen  regular tahunan dll. Kini seluruh instansi pemerintah tengah mempersiapkan pedoman komunikasi organisasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar