1. Kapan
komunikasi menjadi ilmu ?
Studi sosial ilmiah
mengenai komunikasi manusia bermula pada akhir 1930-andi Amerika Serikat
(Delia, 1987). Wilbur Schramm (1983) menyebut 4 ilmuwan
perintis riset komunikasi, yakni pakar ilmu politik Harold D
Lasswell sosiolog Paul Lazarsfeld dan Elihu Katz, serta psikolog Kurt Lewin dan
Carl I Hovland. Komunikasi menjadi disiplin akademis pada akhir
tahun 1940-an, ditandai pembentukan Institut
of Communication Research di University Illnois tahun 1947.
2. Komunikasi
divonis mati
Ternyata vonis mati ilmu
komunikasi itu salah alamat. Ilmu komunikasi yang tadinya dianggap ilmu yang
tidak akan berkembang, hanya sekedar komunikasi saja, ternyata mengalami
perkembangan yang pesat. Ilmu komunikasi mampu melakukan konsolidasi, perluasan
bidang kajian, peragaman metode dan tema penelitian, standarisasi communication tools, adaptasi pada
perkembangan teknologi, konvergensi tradisi keilmuan, serta menghasilkan
teori-teori dalam tradisi akademis komunikasi sendiri.
3. Kemandirian
sebuah disiplin
Pada tahun 1970an, ilmu
komunikasi disubdisiplinkan. Ilmu komunikasi mulai berdiri mandiri, sudah
berdiri seperti ilmu psikologi, filsafat, dll. Pada mulanya komunikasi dibagi 2 bidang, yaitu public speaking dan
jurnalistik. Pada akhirnya ilmu komunikasi semakin berkembang hingga saat ini.
4. Perkembangan
ilmu komunikasi terkini : communibiology
Pada masa-masa kini, sedang populer bidang ilmu komunikasi baru yang memperlajari tentang komunikasi secara biologis, yaitu communibiology. Communibiology adalah bidang baru dalam ilmu komunikasi yang akhir-akhir ini sedang populer dan menjanjikan. Bidang ini akan mampu memberikan terobosan dalam memahami perilaku komunikasi berdasarkan aspek genetic, cara kerja alamiah otak dan pembentukan kepribadian komunikasi manusia.
Pada masa-masa kini, sedang populer bidang ilmu komunikasi baru yang memperlajari tentang komunikasi secara biologis, yaitu communibiology. Communibiology adalah bidang baru dalam ilmu komunikasi yang akhir-akhir ini sedang populer dan menjanjikan. Bidang ini akan mampu memberikan terobosan dalam memahami perilaku komunikasi berdasarkan aspek genetic, cara kerja alamiah otak dan pembentukan kepribadian komunikasi manusia.
5. Prospek
kerja bidang komunikasi... Seperti apa ?
Prospek kerja meluas tetapi saingan bertambah
Prospek kerja meluas tetapi saingan bertambah
Peluang kerja yang lama
tetap ada , contohnya adalah media planner dan account executive. Sementara saingan akan terus
bertambah, oleh karena itu supaya nantinya kita dapat mendapat peluang kerja
yang baik pula, kita harus menjadi lulusan sarjana komunikasi yang berkualitas
agar dapat merebut peluang-peluang kerja yang sudah ada tersebut. Jika kita
sebagai lulusan sarjana komunikasi tidak berkualitas, peluang-peluang kerja
yang ada sulit untuk kita dapatkan.
Pasar kerja lulus komunikasi terus tumbuh
Kebutuhan terhadap
tenaga kerja bidang sosial media untuk komunikasi korporat, kampanye politik
dan pemerintahan meningkat hingga 36 %. Di Indonesia kebutuhann terhadap
tenaga kerja komunikasi untuk industri media dan periklanan meningkat tajam
dengan pola rekrutmen regular tahunan dll. Kini seluruh instansi pemerintah tengah mempersiapkan pedoman
komunikasi organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar